Cara pembuatan batu bata merah tradisional tanpa di bakar untuk rumah

Cara pembuatan batu bata merah tradisional tanpa di bakar untuk rumah. Bata merah sebagai bahan dasar pembuatan rumah, maka dari itu akan saya jelasakan sedikit tentang bata merah.  ketika terdapat pertanyaan, Apa sebenarnya batu bata merah ?? Bagaimana cara membuatnya?? Dimana tempat batu bata yang paling Banyak ??
Batu Bata merah yaitu merupakan salah satu jenis bata untuk bahan dasar pembangunan rumah yang sudah umum digunakan di Indonesia,  mulai dari zaman dulu hingga zaman global  sekarang, bata merah sudah menjadi salah satu bahan yang wajib di dalam membangun rumah. Cukup dimaklumi, batu bata merah masih lebih banyak digunakan dibanding batu bata lainnya, karena selain sudah teruji kekuatannya dantahan lamanya ,juga cara pembuatan dan cara mendapatkan jenis material ini pun sangat mudah didapat.

Cara membuata bmerah  adalah dibuat dari tanah liat yang dicetak kemudian dikeringkan hingga sangat kering setelah itu dibakar dengan suhu tinggi sehingga menjadi benar-benar kering dan padat , mengeras dan berwarna kemerah-merahan. Tanah yang digunakan juga bukanlah sembarang tanah, tapi tanah yang memiliki kandungan sendiri sehingga bisa menyatu saat proses pencetakan seperti tanah lempung yang sering ditemukan daera Jawa Timur.

 Karena itulah,  maka rumah yang dindingnya dibangun dari material bata merah akan senantiasa terasa lebih nyaman dan adem. Selain lebih tahan lama, kuat dan kokoh , sehingga jarang sekali terjadi keretakan  pada dinding yang dibangun dari material bata merah. Selain itu  juga material ini sangat tahan terhadap panas sehingga mampu menjadi perlindungan tersendiri bagi bangunan Anda dari bahaya api dan air.

Pada umumnya batu bata merah mempunyai ukuran: kurang lebih panjang  antara 17-23 cm, lebar 7-11,5 cm dan  tebal 3-5,5 cm. Berat rata-rata 2 kg perbiji (tergantung daerah asal produksin atau pembuatannya). Selain itu dalam pembuatan Rumah Sederhana Minimalis juga bahan pembuatannya menggunakan Bata merah sebagai behan dasar pembuatan rumah tersebut


Bata Merah sebagai Bahan Dasar Pembuatan Rumah


Back To Top